Pages

Desain Grafis Nur Afandi
keep watching Arif Nugraha
Table Cell Table Cell
ooooll

4 Desember 2010

thumbs.db atau thumb.db ,,mana yang asli bukan virus ?

file thumbs.db biasanya terlihat di SO windows / Mac dengan atribut hidden system (file system yang tersembunyi). terkadang oleh sebagian pengguna OS tersebut beraanggapan bahwa thumbs.db adalah file virus. lalu apa sebeneranya thumbs.db ?

  • file Thumbs.db merupakan file database yang dibuat secara otomatis oleh Windows setiap kali Anda membuka folder dalam tampilan thumbnail 
  • File ini berlokasi di folder yang berisi gambar atau foto. Fungsinya untuk mempercepat proses menampilkan preview gambar di folder tersebut.
Windows menyimpan thumbnails file-file grafik dalam thumbs.db, format-formatnya adalah : JPEG, BMP, GIF, TIF, PDF dan HTM. Setiap tampilan gambar disimpan dalam format JPEG dengan ukuran yang kecil, tanpa memperhatikan format aslinya. Dengan adanya file ini memang mempercepat proses tampilan gambar ketika dipilih view > thumbnails.
tetapi jika disetiap folder terdapat gambar, maka terkadang kita tidak ingin file ini otomatis dihasilkan sehingga mengurangi beban kerja komputer.

untuk menonaktifkan pembuatan file thumbs.db yang secara otomatis dibuat oleh windows maka anda bisa melakukan dengan cukup mudah.

  1. Klik Start
  2. Double-klik Control Panel
  3. Double-klik Folder Options
  4. Klik tab View
  5. Hilangkan check di opsi Do not cache thumbnails
  6. Klik OK
referensi : ebsoft.web.id
Windows XP Media Center Edition juga menghasilkan ehthumbs.db yang berisi preview dari file-file video. Di Windows Vista, Microsoft mengganti file-file thumbs.db dengan menjadikan satu file saja “thumbcache_xxxx.db” yang berlokasi di \Users\[user name]\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer.

Apa sebenarnya isi dari file Thumbs.db ?
untuk melihat isi dari Thumbs.db anda dapat menggunakan tool Thumbnails Database Folder


Apa beda Thumbs.db dengan thumb.db ??
kalau thumbs.db pengjelasanya seperti diatas namun lain halnya dengan thumb.db
File Thumb.db (hati-hati, perhatikan bahwa file ini tanpa huruf s sedangkan thumbnail cache yang asli di komputer memiliki tambahan huruf s alias thumbs.db) di setiap folder.
(www.ekowahyu.com )

dikatakan file thumb.db merupakan file bentukan dari virus shortcut yang diletakan disetiap foder di komputer yang telah terinfeksi virus tersebut. jadi lihatlah dlu kata thum nya..pake "s" ato tidak.



Artikel Terkait: